Makan Siang Bersama Kenbukai

16/08/2015 13:23

Setelah seminar kami melanjutkan kegiatan dengan makan siang bersama di restoran Sate Khas Senayan Pakubuwono. Walau bukan pertama kali datang ke Indonesia, Mizuno Keisuke Sensei terkesan dengan kelezatan masakan Indonesia. Kami memesan sate ayam, gado-gado, cah kangkung, dan lain-lain. Tentu saja juga nasi goreng yang sudah sangat dikenal oleh orang Jepang.

Sebagai ucapan terima kasih atas kedatangannya di Indonesia, kami memberikan hadiah berupa kemeja batik. Kami ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada mereka. 

 

Sebagai balasan kami menerima beberapa hadiah dari Mizuno Sensei, salah satunya adalah te-nugui (facecloth) yang tertuliskan kata-kata berikut dalam bahasa Jepang:

行住坐臥 一切の事勢 これ最善の道場

"In your everyday life, wherever you are, whether you are walking, sitting or sleeping, this is the ultimate dojo."

Asal mulanya kutipan ini sebenarnya diucapkan oleh seorang Master Zen Sogen. Ini adalah kutipan kata-kata yang selalu diingat oleh pendiri Yoshinkan Aikido Shioda Gozo Sensei. Saat menjadi uchidesi dari Ueshiba Morihei Sensei, beliau selalu dengan cermat memperhatikan gerakan dari Ueshiba Sensei. 

Aikido menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, "baik pada saat Anda berjalan, duduk, ataupun tidur." Ini adalah pesan yang paling penting yang Soke ingin sampaikan kepada para pecinta Aikido. 

Selain itu kami juga menerima hadiah spesial yang berupa original goods dari Yoshinkan Aikido!

Back